info.com

Selamat Datang di Situs SMK Putra Satria (Tahun Ajaran 2010/2011)

Petunjuk SAS OFFLINE


Bagi sekolah yang minim pengetahuan konfigurasi menggunakan SAS Offline tetap dapat menggunakan SAS ON-LINE, namun ini dianjurkan untuk SMK yang kesulitan menggunakan SAS Offline, SAS On-Line masih bisa diakses pada alamat:

PANDUAN PENGGUNAAN SAS OFFLINE SMKDKI

Panduan ini dimaksudkan agar aplikasi SAS dapat digunakan di sekolah masing-masing, setelah periode input nilai dan cetak selesai maka sekolah berkewajiban membackup database SAS nya, kemudian dikirim ke web SMKDKI, untuk di On-Linekan, demikian tujuan SAS versi Offline ini.
Perangkat yang dibutuhkan:
  1. PC yang terkoneksi dengan jaringan, diutamakan server windows / linux, supaya dapat digunakan bersama-sama dalam satu sekolah.
  2. Jaringan supaya tidak hanya digunakan oleh 1 user saja, tapi multi user, sehingga wali kelas dapat mengakses SAS Offline ini.
  3. Laptop / PC yang tersambung LAN untuk meng akses SAS Offline ini.
Software yang dibutuhkan :
  1. Web Server XAMPP (download disini) atau LAMP pada Linux
  2. Download SAS Offline (sas.tar.gz) dari web SMKDKI, data siswa dan mata pelajaran masih tersimpan dalam database yang anda download, tidak usah menginput ulang. (Download disini, klik sini)
  3. WinRAR untuk extrack database dan web sasnya (download disini)
Petunjuk Instalasi.
  1. Install aplikasi XAMPP pada PC Windows anda, jika sudah ada abaikan langkah ke 1 ini, cara mengetahui sudah ada atau belum ada aplikasi XAMPP nya coba buka browser dan ketik http://localhost atau http://ip_komputernya (dianjurkan install pada PC yg tersambung jaringan sehingga database tidak terbagi-bagi)
  2. Install WinRAR pada PC anda, jika sudah ada abaikan langkah no 2 ini.
  3. Setelah XAMPP sudah ter install, extrack file sas.tar.gz yang sudah di download, kemudian akan muncul folder sas.
  4. Dalam folder sas terdapat 2 file (database_sas.tar.gz dan web_sas.tar.gz) extrack kedua file tersebut, klik kanan pilih extrack menggunakan WinRAR.
  5. Extrack File database_sas.tar.gz akan membuat folder baru dengan nama sas_smk, copy folder tersebut ke folder: C:\xampp\mysql\data
  6. Extrack file web_sas.tar.gz akan membuat folder baru dengan nama sassmk, copy folder tersebut ke folder: C:\xampp\htdocs
  7. Jalankan aplikasi XAMPP nya. Jika sudah berjalan, maka Restart aplikasi XAMPPnya.
  8. Setelah itu buka browser dan masukan alamat: http://localhost/sassmk atau http://ip_komputer/sassmk , SAS Offline dapat digunakan di LAN sekolah anda dengan cara mengakses IP Komputer yang terinstall XAMPP.
  9. Maka akan terbuka login, dan sistemnya adalah sama dengan SAS yg sudah On-Line, silahkan login berdasarkan ID masing-masing yang sudah pernah dipakai.
  10. Lakukan cek Update pada forum SAS SMK : klik disini


sumber (sas.smkdki.net)